Kamis, 12 Mei 2016

Naskah Drama tentang pandangan pertama (alqha)

NASKAH PERTAMA , HASIL OTAK GUE SENDIRI (PENGALAMAN PRIBADI SIHHH)

KERENNN BANGET DEHHHH... !!! BIKIN BAPER DRAMA INI.



BUKAN PANDANGAN PERTAMA
Perwatakan:
Ada 13 tokoh penting dalam drama ini.

§  Kenalin nama gue rani , gue anaknya seneng liat orang susah,cantik pastinya,famous,and eksis di kalangan cowok di sekolah dan dimana-manalah.
§  Perkenalkan nama aku radit , aku adalah ketua osis. Aku tau banyak cewek yang suka sama aku tapi aku hanya menyukai satu cewek di sekolah ini yaitu gita.
§  Perkenalkan nama aku gita, aku anak yang biasa-biasa aja , di sekolah ini aku gak terkenal amat Cuma karena rani aku dikenal olah sebagian orang.
§  Kenalkan aku adalah wawa teman rani yang pengen numpang eksis doing sama dia,karena rani kan orangnya famous banget makanya gue pengen temenan sama dia.
§  Kenalin nama gue indah , gue temannya rani yah gue temennya rani yang paling cantik , walaupu gak ada yang mau ngakuin itu terutama si rani.
§  Kenalin nama aku cha-cha, aku temennya rani si eksis itu . aku memang tulus pengen temenan sama dia tapi dia suka juga dengan radit jadinya gue, bagaikan kutu dalam rambut.
§  Kenalkan nama aku wiwi , aku temennya gita. Aku temenan sama gita karena dia anaknya sabar banget, sopan banget yahh banget”lah.
§  Aku cinta , aku adalah teman dekatnya radit. Aku sama radit hampir mirip orang pacaran walau itu memang harapan aku namun radit tidak.
§  Perkenalkan nama aku didit, aku temen dekatnya gita juga, aku suka pada gita namun gita tak pernah mengubrisku. Yah inilah hidup.
§  Perkenalkan nama saya ibu rara , saya adalah guru bk di sekolah mereka semua.
§  Ibu rani , yah saya ibunya rani .saya adalah orang kaya sangkin kayanya saya, mobil saya hampir sepuluh dirumah.haha
§  Ibunya gita, yah saya ibunya gita , saya memang tidak kaya, tidak punya banyak uang namun saya selalu hgedidik anak saya agar sopan dan peduli sesame walaupun bagaimana status social setiap orang.
§  Kepala sekolah , yah saya adalah kepla sekolah yang paling baper se kota Makassar . banyak orang berkata begitu namun saya tetap mengaggap diri saya adalah kepala sekolah yang sangat berwibawa.

Pemain pendukung:
§  Teman kelas mereka : rita dan raka. Temen kelas yang selalu memprovokasi radit dan gita , dan memanasi rani.
§  Pak satpam


Pakai bahasa sehari-hari ji’
SET 1 (Dirumah rani)
Sekolah dimulai jam 7:15 pm,sisa 15 menit lagi bel berbunyi semua siswa sudah mulai berdatangan dan menuju kekelas masing-masing.rani masih dirumah sedang bersiap-siap menuju sekolah. Semua orang sudah pada di sekolah namun ia masih dirumah memang anak yang kurang teratur.gita sudah ada di kelasnya begitu juga dengan semua teman-temannya.kecuali rani.
Rani: makkkk….. oh mamakkk…? Antar ma’ ehh kesekolah jam berapami dari pada bawaka mobil di swipingka ujung”nya ku telpon jki , siapa susah?(muka patoatoai)
Ibu rani: iye nak, tunggu sai mi mama eh kenapa mko itu kukutuk ko itu jadi diamond.
Rani: ayo mi ehh lagi 10 menit masukma’, kalo ditutupkan ka gerbang double ki itu uang jajan ku untuk bayar satpam ka yang balala doe’.
Ibu rani: iyo ehh kenapa mko itu kau nak.masuk mko ke mobil deluan mauka dulu ambil kuncinya(muka sabar)
Rani: iye pade eh. Astaga bagaimana caraku bias masuk kalo kuncinya baru diambil kodong mama. (menggeleng dengan muka jutek)
Ibu rani: haha maafka’ nak beginimi memang kalo orang kaya terlalu banyak kuncinya nalupami dimana na taruh kunci mobil merci na.
Rani: adedeh mama sombong na mamo eh.
Setelah sampai didepan gerbang sekolah , gerbang sekolahnya pun sudah tertutup, rani sangat marah karena tadi di jalan terkena macet akhirnya rani berbuat sesuka hatinya agar dia bisa masuk ke dalam sekolah.
SET 2 (DIGERBANG SEKOLAH)
Rani: pak satpam?
Satpam: kenapa ko nak , astaga terlambat mko ini nda bisa mko masuk lagi pulang mko saja panggil orang tuamu.
Rani: adedeh pak kasih masuk ma ku kasih ki uang, cepat mki mauka belajar ini kodong.(sambil menyodorkan uang 100 ribu).
Satpam: masukmko pade nah, kasian ko bela.
Rani: astaga sok baekmi itu (muka songong)
Namun rani ternyata tidak kekelas malah kekantin , rani malas belajar karena sudah mengaggap dirinya pintar oleh sebab itu ia tidak masuk ke kelas.setelah pelajaran selesai dan sekolah selesai rani bersama teman-temannya pergi menemui gita yang sedang belajar dengan didit dan wiwi.
SET 3 (DITAMAN SEKOLAH)
Rani: ehhh , na bilang mamaku suruh bede dating mamamu ke rumahku ada pekerjaan
Gita:  iyo rani , pulangpa sebentar saya tanyaki mamaku.
Rani : ok mi itu , bagusmi (lalu pergi meninggalkan gita bersama teman’’nya dengan gaya sinis)
Didit: gita , kenapa mamamu disuruh dating kerumahna rani? Ada masalah mu kah sama rani gita?
Gita: bukan begitu didit, mamaku sama mamanya rani punya urusan kecil (menunjukkna tangan dgan lingkaran besar)
Wiwi: ohh, kukira saya ada utangnya mamamu di mamanya rani , nu tauji toh mamanya rani rentenir (ular licin)
Gita: astaga jangko bilang begitu wiwi, tidak baik ghibahi orang.
Wiwi: biasa mko kapan gita, memang beginika apa adanya (dengan nada alay dan memelas)
Sepulang sekolah , gita memberi tahu ibunya bahwa mamanya rani memanggilnya kerumahnya. Dan mamanya gita pun kermahnya mamanya rani,sepulang dari rumahna rani mamanya gita beritahukan gita kalau besok ada acara di sekolahnya, acara bakti social dan gita di suruh oleh rani untuk membantunya dan semua anggota osis lainnya.
SET 4 (DISEKOLAH , ACARA BAZAR DAN BAKTI SOSIAL)
Pembukaan acara oleh kepala sekolah
Kepsek: anak-anak ku sekalian terimakasih kalian sudah mengadakan acara ini , atas lancarnya acara ini saya pribadi mengharapkan agar tidak ada masalah , dan sebelumnya kita wajib untuk mengabadikan moment ini anak-anakku sekalian mari kita berselfie bersama (sembil menyodorkan tongsis dan foto bersama) dan mulalah acaranya.
Gita: rani……? Ini semua bahan baksos ta’(sambil menyodorkan)
Rani: ohhh iyo kasih sana cinta atau kasih ketos ka’ dia pah yang atur semuaki, nda mauja saya kerja capek’’( muka males)
Gita: ohh iyo pade yang mana itu ketos rani?
Rani: yang itue sana yang pake baju kemeja yang pake jaket biru , yang tinggi yang agak keren sih cepat mko kesana ehhh lamamu lagi tanya’’
Indah: iyo banyaknya ine ceritanya, pergi mko sana ehh (semua teman rani menyaut)
Gita: ohhh yang itu , iyo pade (sambil jalan menuju ketos)
Sampai di hadapan ketos gita bertanya, namun belum sempat di jawab gita kaget dan menjatuhkan barang-barang di tangannya dan menimpa kaki radit.
Gita: permisi, kau yang di bilang ketos? Astaga maaf’’ ka we nda sengajaka kasian
Radit: astaga bukan ftv ine we jangko alay , jangko juga pandang-pandangan namanya juga BUKAN PANDANGAN PERTAMA ,sakitnya lagi kakiku, kenapakah? Namaku bukan ketos tapi Muhammad radit arief si  ketua osis (dengan nada songong)
Gita: ohhh maafka’ radit maaf sekalika’, ihh siapa juga mau pandangko nda ganteng’’ amat jko , ini Cuma di suruhka’ sama rani bawakan untuk baksos sebentar.
Radit: oh iya makasih pade…. ? (sambil menunjukan ekspresi bertanya nama)
Gita: gita, namaku gita kelas 11 teman kelasnya rani.
Radit : ohhh iyo kukenalji rani, makasih lagi nah sebelumnya.bisako bantuka’ lanacarkan acara baksos sama bazaar?
Gita:ohh iyo bisaja hitung’’sebagai permintaan maafku ke kau radit. (kegiatan baksos dan bazaar) (bazaar selesai)
Setelah bazaar selesai radit sangat berterima kasih kepada gita, namun dari kejauhan didit dan wiwi melihat gita yang sedang berduaan dengan radit, didit merasa cemburu dan wiwi biasa’’ saja, dari sisi lain cinta juga melihat hal itu dan membuat cinta merasa marah.
SET 5 (DI TAMAN komplek)
Didit: we wiwi kemarin nu liat toh gita sama radit , dekat na mamo kayak mami perangko da suratnya.
Wiwi: astaga kah biarmi tawwa besarmi
Didit: tapi…..?
Wiwi: tapi apa seng didit , nu suka ki kah gita?
Didit: tidaklah tidak mungkin nah mi wi,
Tiba-tiba datang gita
Gita: kenapako sedeng dua orang? Pasti kau bicaraika’ toh bilang mko deh
Didit dan wiwi: tidaklah.
Gita: ohhh, we kau liatji kemarin waktu acara baksos astaga, kenapa ka ini we kayak saya suka ki ketos ka aneh ku we, pandangan pertama kapan ini di’,adakah?
Didit: astaga , kenapa bisa? (dengan wajah kaget)
Gita:  iyo we astaga , dak dik duk jantungku kalo dekat dia ( dengan nada alay)
Didit: jangko liat orang dengan sekilas mata gita, yang diluar tidak sebaik yang didalam nah kutanya jko itu.
Gita: kenapako didit kah bukanji ini pandangan sekilas mata tapi pake hatimi (dengan memandang langit)
Didit dan wiwi: terserah kauji pade.pulang deluanma nah gita mauka ke pasar ada na suruh mamaku beli.
Wiwi: iyo saya juga nah.
Dan tak lama kemudian radit datang menghmpiri gita yang duduk sendiri.
Radit: we, kenapako duduk sendiri di sini gita? Mana teman’’mu
Gita: pulang deluanmi.
Radit: kenapa kau tidak pulangko?
Gita: tidak ji Cuma mauka hirup udara segar.(dalam hati malu’’)
Radit: sekali lagi makasih nah yang kemarin bantuanmu
Gita: iya sama-sama kan harus saling membantu apalagi kalau kauji (muka malu’’)
Radit: hhaha kenapa muka mu gita?
Gita: tidak kenapa’’ja , btw, pulang deluanma nah mauka kerja prku dulu
Radit: (menahan gita sambil memegang tangan gita)
Gita: (berusaha melepaskan tangan radit), kenapako radit?(pikiran melayang’’)
Radit: bisako bantuka PDKT sama rani?
Gita: (hati gita terasa hancur namun dengan berat hati ia menjawab) iya PDKT sama rani, kau suka rani kah?
Radit: iyo gita lamami, tapi rani terlalu sombongki sikapnya kesaya,bantuka dle?
Gita:iyo Insha Allah saya bantuko radit.(dengan muka lusuh dan sedih)
Radit: makasih gita (sambil memegang tangan gita berterima kasih)
SET 6 (DI CAFÉ)
Rani dan teman’’nya  sedang nongkrong di café dekat sekolahnya sepulang sekolah, namun gita dan teman-temannya ada juga di sana , karena gita sudah berjanji untuk mencomblangkan mereka berdua antara rani dan radit tanpa memberitahu didit dan wiwi, gita merasa sakit hati namun apa boleh buat.
Lalu gita menelfon radit untuk datang ke café .
Radit: (menghampiri gita dan teman-temannya) hay gita ? hay didit , hai wiwi?
Didit: kenapako bisa langsung ada?
Gita: tadi saya yang telfon ki dit’,
Didit: (dengan muka asem)
Gita: duduk radit, kan sudah ka’ janjika’ sama kau untuk comblangkan ko sama rani,
Didit dan wiwi: ( dengan muka kaget ) kau suka rani, radit?
Radit: iyo , kenapai kah ?
Didit dan wiwi: tidak apa’’ji (mengkode gita)
Gita: itu sana rani sama teman’’nya, liat mko sana eh sebenarnya rani toh na suka jko juga dlu pernahki bilang sama saya tapi malu’’ ki karna pasti kau bakalan tolak ki dengan sikapnya yang sekarang.jadi menurutku toh nda perlu mka lagi comblangkanko lebih lama lagi karna kau mami yang berusaha bagaimana caramu dapatkan ki cintanya rani.
Radit: iyo di’ makasih nah gita nanti liat mko caraku . (tersenyum manis kea rah gita)

Radit pamit pulang untuk menyusun strateginya menembak rani dan tak lama juga rani dan teman’’nya juga pulang.
Didit: gita kau memang wanita yang kuat , aku bangga menjadi temanmu.
Wiwi: (memeluk gita, menyemangati) gita jangan nangis yahh
Gita: dit’ kamu memang benar jangan jatuh cinta pada pandangan pertama karena kita tidak tau bagaimana sifat dan perilaku orang di dalamnya seprti kata pepatah ‘’jangan liat dari luarnya saja’’. Aku memang terlalu baper (bawa perasaan) jadinya aku mendapat PHP darinya. Ini memang bukan pandangan pertama melainkan pandangan terakhir.
Didit: jangan bersedih, ayo kita panggilkan saja sutradara kita….
Produser kita….
Penulis naskah kita….
Wiwi: yahhh… penata busana kita…
Penata music kita…
Wadrobe kita…
Dan  semua yang terlibat di belakang layar dari drama ini….
WASALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH….



                                                                       



Tidak ada komentar:

Posting Komentar